Kamis, 24 Juli 2014

Problem Perbankan pada Bank Syariah

Oke kita akan membahas Bank Syariah yang katanya terkena masalah problem likuiditas. Loh ko bisa yah bank syariah bisa kena masalah perbankan gitu. Mari kita simak permasalahannya gan

Masalah perbankan bank syariah yang katanya kali ini dihadapi problem perbankan yaitu masalah sumber likuiditas yang saat ini menjadi masalahnya gan.
Yang katanya institusi formalnya masih enggan menyimpan dananya di perbankan syariahnya yang katanya kondisi masalah keamanan dana mereka dianggap kurang baik dan katanya sulit banget buat berkembang.
Dan katanya dana institusi yang dari BUMN, terus Kementrian sama lembaga lainnya katanya kaga mau masuk ke perbankan syariah katanya begitu sih. Kalo pun masalah itu bisa diatasi maka perbankan syariah katanya dapet sumber likuiditas yang lebih layak atau lebih baik termasuk pada saat kondisi perekonomian indonesia yang lagi bergejolak gini loh.
Nah yang katanya dianggap kurang baik dan sulit berkembang ini masalahnya yang sering dihadepin sama perbankan syariah :

1. Kurang sosialisasi kepada masyarakat.
    Banyak masyarakat yang kurang paham masalah perbedaan bank syariah sama bank konvensional, geblek banget dah. Dan katanya masyarakat hanya dikasih tau doang dalam bentuk informasi dengan bentuk kalo bank konvensional itu ada bunganya dan katanya riba dan banyak istilah dalam bahasa arabnya yang populer dimasyarkat dan yang tadi sudah dibahas sm ane di topik sebelumnya

2. Pendidikan bank syariah sulit didapetin
    Kaga banyak yang menyediakan kursus atau pelatihan tentang persediaan mengenai bank syariah, selama ini buat pendidikan bank syariah aja terbatas banget gan dan seminar yang disana sini yang hanya singkat begitu saja dalam artian hanya memberikan informasi begitu saja.

3. Bank Syariah lebih mengutamakan tujuan profit
   Katanya terdapat banyak kasus bank syariah yang katanya memberikan sistem bagi hasil yang kurang rata alias kaga adil gitu deh bagi nasabahnya. Bagi hasilnya ini yang dimaksud sih adalah hasil dari penjualan dan bagian buat bank syariahnya, eeh menang banyak dong pihak banknya. Yang dimana kondisi bikin para UKM move on dong ke bank konvensional yang memberikan bunga kecil dan beban bunganya yang bisa dibilang ringan yang diberikan kepada si pihak UKM nya.

Ya katanya mau ngikutin caranya bank konvensional eh si bank syariah malah meniru sistem obligasi dan kartu kreditnya, koplak lah.Yang dimana pinjeman dari pihak bank syariah harusnya untuk kredit produktif da UKM dong masa diselewengkan buat untuk kredit konsumtif alias buat para orang konglomerat. Kalo pun kredit konsumtif gitu ke kartu kredit lah kan jadi susah ditebak cara pembagian hasilnya tuh yang sesuai syariah, yang bisa ditagih dengan biaya admin doang, dan selebihnya riba. Katanya bank syariah ko malah melenceng jauh gitu sih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar