Kamis, 14 Maret 2013

Pendidikan Kewarganegaraan (Tulisan 1)

1. Cari contoh contoh yang berkaitan dengan pelanggaran HAM di Indonesia ?

    Jawab :

a. Pelanggaran HAM oleh TNI
    Umumnya terjadi pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dimana (dikemudian hari berubah menjadi TNI dan POLRI) menjadi alat untuk menopang kekuasaan. Kekuasaan HAM oleh TNI mencapai puncaknya pada masa akhir pemerintahan orde baru dimana perlawanan rakyat semakin keras.

b. Kasus Pelanggaran HAM yang terjadi di Maluku.
    Konflik dan kekerasan yang terjadi dikepulauan Maluku sekarang telah berusia 2 tahun 5 bulan. Untuk Maluku Utara 80% relatif aman, Maluku Tenggara 100% aman dan relatif stabil, sementara dikawasan Maluku Tengah (Pulau Ambon, Saparua, Haruku, Seram, dan Buru) sampai saat ini masih belum aman dan khusus untuk kota Ambon sangat sulit diprediksikan, beberapa waktu yang lalu sempat tenang tetapi sekitar 1 bulan yang lalu sampai sekarang telah terjadi aksi kekerasan lagi dengan modus yang baru ala ninja / penyusup yang melakukan operasinya didaerah daerah perbatasan Islam dan Kristen (ada indikasi tentara dan masyarakat biasa). Penyusup masuk ke wilayah perbatasan dan melakukan pembunuhan serta pembakaran rumah. Saat ini masyarakat telah membuat sistem pengamanan swadaya untuk wilayah pemukimannya dengan membuat barikade dan membuat aturan orang dapat masuk / keluar dibatasi sampai jam 20:20 suasana kota sampai saat ini masih tegang juga masih terdengar suara tembakan atau suara bom disekitar kota.

c. Pelanggaran HAM oleh Mantan Gubernur Tim-Tim.
    Abilio Jose Osorio Soares mantan Gubernur Timtim diadili oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) ad hoc di Jakarta atas dakwaan pelanggara HAM berat di Timtim dan dijatuhi vonis 3 Tahun penjara. Sebuah keputusan majelis hakim yang bukan saja meragukan tetapi juga menimbulkan tanda tanya besar apakah vonis hakim benar benar berdasarkan rasa keadlian atau hanya sebuah pengadilan untuk mengamankan suatu keputusan politik yang dibuat Pemerintah Indonesia waktu itu dengan mencari kambing hitam atau tumbal politik.




2. Sebutkan macam macam demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia ?
 
    Jawab :

a. Demokrasi Parlementer.
    Demokrasi parlementer adalah demokrasi yang menempatkan kedudukan badan legislatif lebih tinggi daripada badan eksekutif. Kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Perdana Menteri dan Menteri Menteri dalam kabinet diangkat dan diberhentikan oleh parlemen.

b. Demokrasi Terpimpin.
    Demokrasi terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi yang berjalan antara tahun 1959 sampai dengan tahun 1966. Dimana dalam demokrasi ini adalah seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara yang kala itu dipegang oleh Presiden Soekarno.

c. Demokrasi Pancasila.
    Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi dalam doktrin Manipol USDEK disebut sebagai demokrasi terpimpin merupakan demokrasi yang berada dibawah Komando Pemimpin Besar Revolusi dan kemudian dalam doktrin repelita yang berada dibawah pimpinan Komando Bapak Pembangunan arah rencana pembangunan yang daripada suaranya lebih banyak dalam hal memecahkan suatu masalah dan mengambil keputusan.








sumber :
http://akunyauwie.blogspot.com/2012/03/contoh-contoh-pelanggaran-ham-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar