Kamis, 24 Juli 2014

Bentuk Bentuk Jasa Bank

Jasa jasa bank itu penting banget loh para agan agan yang cantik dan yang ganteng dalam pembangunan perekonomian pada suatu negara. Kalo kaga ada itu negara cepet bangkrut dan ambles lah. Jasa perbankan itu biasanya nih terbagi 2 tujuan :
1. Pertama itu sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang sangat efisien bagi para nasabah. Dan untuk permasalahan ini bank sudah menyiapkan dong dalam bentuk uang tunai, tabungan, kartu, kredit. Nah emang peran dan yang dilakuin bank inilah yang paling penting banget dalam kehidupan ekonomi nih. Kalo kaga ada alat pembayaran, maka barang cuman bisa dibarter doang kaya jaman masa lampau yang bisa dibilang bakal lama dong dengan sistem pembayaran itu.
2. Kedua banyak nasabah yang bakal menabung dan otomatis dengan banyak menerima tabunga dari nasabah dan meminjamkan ke pihak yang membutuhkan dana dengan otomatis bank meningkatkan arus dananya dong buat investasi dan pemanfaatan yg lebih baik dan yang lebih produktif gan.

Jasa Bank itu mempunyai arti loh nih artinya adalah kegiatan dari perbankan yang sering dilakukan oleh suatu bank buat memperlancar kegiatan perekonomian yang seperti menyalurkan dana dan menghimpun dana. So dengan makin lengkapnya jasa bank itu maka para nasabah bakal nyaman dan tentram dan bank melakukan hal kaya gitu bukan nyari untung semata tetapi dia juga mencari keuntungan yang biasa disebut fee based.
Nih keuntungan dari bank yang udah ngeluarin dalam bentuk jasanya kepada nasabah :
- biaya administrasi (adm kredit)
- biaya kirim (biaya transfer)
- biaya tagihan (biaya kliring)
- biaya provisi dan komisi (jasa kredit atau transfer)
- biaya sewa (sewa safe deposit box)
- biaya iuran (biaya kartu kredit)

Transfer
Ada yang tau pengertian transfer gan ? Hayoo ? Nih pengertian transfer adalah kegiatan bank yang sering dilakuin buat mindahin sejumlah dana tergantung si nasabahnya mau ngetransfer berapa lalu dengan perintah si pemberi amanat tuh ditujukan buat keuntungan seseorang yang bakal di tunjuk sebagai penerima transfer.

Inkaso
Inkaso sesuatu kegiata bank nih buat melakukan amanat dari pihak ketiga gan, dalam bentuk penagihan uang kepada seseorang atau badan tertentu yang udh diberi amanat kepada si pemberi tuh.
Nah inkaso ini ada jenis jenis nya loh gan dan ada tipe warkatnya yuk ane jelasin jenisnya dulu.
- Inkaso Masuk : Kegiatan yang biasa masuk ke warkat yang dimunculin sama nasabahnya sendiri gan.
- Inkaso Keluar : Kegiatan yang buat nagih warkat yang dimunculin sama si nasabah dibank lain
Lalu warkatnya nih ane jelasin juga nih gan biar tau :
- Warkat tanpa lampiran : warkat ini biasanya kaga ada lampiran dan dokumen dokumennya gan kaya cek, bilyet giro, wesel dan surat berharga.
- Warkat lampiran : warkat ini biasanya dilampirin dengan dokumen gan yang contohnya kwitansi, faktur, polis asuransi dan dokumen penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar